Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

BAGAIMANA CARANYA MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK??

BAGAIMANA CARANYA MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK??

Berikut adalah tips yang paling penting untuk meningkatkan kecerdasan anak yang cerdas:

  1. Berinteraksilah dengan anak Anda, ajak si kecil bermain, buatlah si kecil merasa dicintai. Para ilmuwan mengamati bahwa bayi yang tidak pernah / jarang dipeluk, diajak bermain dan disayangi akan terhambat pertumbuhan otaknya. Mereka juga mengamati bahwa bayi yang tidak mendapat perhatian dengan baik akan mengalami  kegagalan dalam pertumbuhannya, menjadi tertekan, dan akhirnya meninggal. Di sisi lain, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mencintai, memeluk, berinteraksi dan bermain dengan anak Anda akan memiliki efek yang kuat pada perkembangan kecerdasannya. Hubungan mencintai terbentuk antara Anda dan anak Anda dan interaksi pribadi Anda dengan dia memberikan dasar yang kuat untuk keterampilan berpikirnya kelak.
  2. Bicaralah dengan anak Anda -hal ini dapat meningkatkan keterampilan bahasa anak Anda. Tidak kalah pentingnya dengarkanlah ketika anak Anda berbicara. Hal ini penting untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Jangan anggap remeh anak Anda ketika mereka sedang berlatih untuk berbicara. Buatlah semacam tanya jawab dengan si buah hati, walaupun bahasa mereka kadang kita sendiri tidak mengerti.
  3. Bacakan buku / cerita  untuk anak Anda - Bacakan saja buku cerita / komik untuk si buah hati Anda walaupun mereka tidak mengerti maksudnya. Hal ini akan memberikan kemampuan dasar bagi si anak untuk memahami bahasa. Anak-anak yang sering dibacakan buku akan terangsang otaknya untuk gemar membaca, yang akan berefek mendapatkan peringkat bagus di sekolahnya dan menjadi orang yang sukses ketika mereka dewasa. Membacakan buku adalah salah satu hal terpenting untuk meningktakan kecerdasan otak anak.
  4. Biarkan anak Anda bermain - Ketika anak Anda bermain, dia sedang  menciptakan dasar/fondasi bagi kemampuan berfikir, keterampilan sosial, fisik dan emosionalnya. Ketika ia bermain dengan anak-anak lain, ia belajar untuk menggabungkan ide-ide, kesan dan perasaan dengan anak-anak yang lain.
  5. Berikan dorongan kepada anak Anda untuk berolahraga - Latihan fisik tidak hanya membuat anak Anda kuat, tetapi juga membuat anak Anda cerdas. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan membangun sel-sel otak baru. Olahraga  baik untuk ketajaman mental orang dewasa, tetapi memiliki efek yang lebih tahan lama pada otak anak yang masih berkembang.
  6. Buatlah musik menjadi bagian dari kehidupan anak Anda – Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan daya ingat, perhatian, motivasi dan belajar anak.  Hal ini juga dapat menurunkan stres yang merusak otak anak Anda.
  7. Ajari anak Anda untuk melakukan hal-hal yang baik - Anak-anak akan cenderung meniru apa yang orang dewasa lakukan. Jka ia melihat Anda sedang membaca buku, menulis, bermain musik, atau melakukan hal-hal kreatif yang lain, dia akan terpacu untuk meniru Anda, hal ini akan membuat perkembangan dirinya tumbuh dengan baik.
  8. Batasi anak Anda dalam menonton TV – Anak-anak seharusnya tidak boleh menonton TV sebelum genap usia 2 tahun. Membiarkan anak menonton TV terlalu banyak dapat membawanya menjauh dari melakukan kegiatan yang lebih penting untuk perkembangan otaknya, seperti bermain, bersosialisasi dan membaca buku.
  9. Berikan anak Anda permainan-permainan yang mendidik – misalnya game-game computer tentang membaca, menulis, ataupun menyanyi. Hal ini juga mengembangkan koordinasi tangan-mata dan memperkenalkan teknologi pada anak. Point pentingnya adalah membuat anak belajar sambil bermain.  Belajar dan bersenang-senang pada saat yang sama layaknya Anda sebagai teman bermainnya.
  10. Berikan makanan pada anak Anda dengan benar - Memberikan makanan yang tepat untuk anak Anda adalah hal penting untuk membuatnya cerdas. Memberikan bayi Anda nutrisi yang tepat harus dimulai saat Anda sedang hamil.  Untuk anak yang lebih tua, berikan diet kaya protein (telur, ikan, daging) untuk meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan berpikirnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar